Buka Puasa Bersama Forum Komunikasi Mahasiswa dan Pemuda Daerah

Palembang162 views

Palembang | Superejatv.com – Buka Puasa Forum Komunikasi Mahasiswa dan Pemuda Daerah (FKMD) Sumsel dengan tema “Mempererat Silaturahmi Untuk Fitrah Lahir dan Batin antara Mahasiswa dan Pemuda se Sumsel” dilaksanakan di Guns Cafe 13 April 2023.

Plt Ketua Umum FKMD, ADV Apriani ,SH mengatakan, kegiatan hari ini buka puasa bersama dengan seluruh perwakilan dari organda dan ormawa. Di FKMD ini perwakilan organda dan ormawa seluruh daerah di Sumsel dari 17 kabupaten dan kota.

“Kegiatan hari ini silaturahmi di bulan penuh berkah ini. Silaturahmi ini penting karena hari ini Pemuda harus sering bersilaturahmi. Karena kepemimpinan Indonesia ke depan dan Sumsel akan dipimpin oleh pemuda pemudi mahasiswa hari ini. Makanya temanya adalah Mempererat Silaturahmi Untuk Fitrah Lahir dan Batin antara Mahasiswa dan Pemuda se Sumsel,” ujarnya.

“Di sini kita juga menghadirkan penceramah Ustad H. Ustad Doni Meilano . Beliau adalah mentor kita sekaligus guru kita. Jadi banyak yang kita dapatkan dari ceramah dari beliau,” tambah Apriani.

Pada kesempatan itu, Apriani menghimbau para pemuda hari ini harus cerdas dan melek dunia politik. Karena dulu tidak melek politik, jadi sekarang harus melek politik.

“Kita harus terlibat, tapi bukan politik praktis. Tapi jadi pemilih cerdas mencari sosok pemimpin ke depan dan yang mampu membangun Sumsel khususnya Indonesia pada umumnya,” katanya.

Apalagi sambung Apriani, pada2024 ada pileg, pilpres dan Pilkada. Artinya ini menentukan masa depan negara dan Sumsel dan kabupaten kota. Jadi Pemuda harus cerdas dan melek politik, jangan anti politik jadi belajar bagaimana jadi pemilih yang cerdas.

“Kepada mahasiswa jangan jadi mahasiswa kerdil. Dalam artian hanya berpikir sesaat, tapi berpikirlah untuk jangka panjang harus mampu memfilter pemimpin untuk kemajuan umat terutama umat Islam,” imbuhnya.

Sementara itu, penceramah Ustad H. Ustad Doni Meilano mengatakan, Rasul Muhammad SAW menyatakan pemuda hari ini adalah pemimpin yang akan datang.

Maka FKMD ini adalah satu-satunya yang mampu mengakomodir mahasiswa di daerah Pemuda daerah bersatu dalam satu organisasi FKMD.

“Bagi tokoh politik tokoh agama bila jernih melihat potensi organisasi ini, organisasi ini sangat besar potensinya. Apalagi jika FKMD bergerak dalam melihat perkembangan isu penambangan liar, ilegal driling, ilegal logging dan sebagainya. Kalau isu itu digerakkan oleh forum ini maka bupati walikota Gubernur pasti memberikan etensi khusus apalagi kiprah FKMD ini cukup besar,” katanya.

Menurutnya, momentum Ramadan ini luar biasa berarti konsentrasi nilai religius itu ada pada FKMD.” Ini bukan hanya sekedar diskusi politik semata. Tapi nilai sosial,agama, ekonomi yang menjadi perhatian FKMD, ” katanya.

“Karena mereka ini pemuda yang tidak punya kepentingan pribadi mahasiswa ini mereka masih murni non partai. Saya kira masyarakat jauh lebih peduli dengan isu yang diangkat oleh FKMD. Karena saat ini pemimpin cenderung dengan pemberitaan yang baik saja sedangkan kekurangan mereka tidak dipublish. Jadi FKMD ini sebagai kontrol sosial,” bebernya.

Penasehat FKMD M. Fadriyanto mengatakan, dengan adanya buka puasa ini LKMD harapannya adalah ini sebagai ajang silaturahmi.

“Ini akan memperkuat persaudaraan internal dan menjadi pemikat mahasiswa lain yang ingin bergabung dengan FKMD. Ini menjadi ladang perjuangan bagi mahasiswa dan kawah Candradimuka untuk menimba ilmu khususnya untuk mahasiswa di Sumsel,” katanya.

“Kalau mahasiswa ingin bergabung di FKMD, syaratnya adalah mahasiswa aktif dan sungguh-sungguh mau berorganisasi. Mendaftarnya bisa langsung ke pengurus FKMD atau kesekretariat di Lemabang atau mengunjungi medsos Instagram dan Facebook FKMD Sumsel,” tandasnya. (DNL)