Bupati PALI: Perilaku Jujur adalah Modal Kerja Anggota PPK

Berita219 views

PALI | Superejatv.com -, Bupati Penukal Abab Lematang Ilir (PALI) Dr. Ir. H. Heri Amalindo, MM menekankan perilaku jujur kepada 25 anggota panitia pemilihan kecamatan (PPK) yang dilantik.

“Kejujuran adalah modal utama bagi siapapun dalam bekerja. Tentunya dengan dilantiknya saudara – saudari sebagai anggota pemilihan kecamatan merupakan salah satu amanah yang telah dibebankan untuk menjalankan tahapan demi tahapan dalam pemilu tahun 2024,” kata Bupati saat menyampaikan sambutannya pada pelantikan anggota PPK kecamatan di Guset House rumah dinas Bupati PALI, Komplek Pertamina, Rabu (04/01/23).

Selain itu, Bupati berharap kepada 25 anggota  yang dilantik dapat menjalankan amanah ini dengan baik dan Shahih sehingga dapat menjalankan amanah sesuai dengan tugas pokoknya.

Menurut Bupati, bahwa tugas dan funsi pokok panitia pemilihan kecamatan sangatlah strategis artinya penyelenggaraan program pemilihan umum mulai dari tahapan perencanaan sampai dengan evaluasi itu terus berkaitan.

“Apalagi disampaikan ketua KPU bahwa sekarang sudah mulai memasuki tahapan Pileg dan Pilpres. Mulai hari ini mulai saudara -saudara sekalian mulai bekerja keras dan yang paling penting dari apa yang disampaikan tadi langsung umum bebas rahasia dan saya tambahi jujur,” ujar Bupati.

Kejujuran adalah tugas yang sanagt berat, karena kata dia, orang berperilaku jujur tidak semudah dengan mengucapkannya.

Dia mengatakan bahwa tidak ada orang bisa jujur seratus persen. Namun ia menyampaikan bahwa nilai – nilai kejujuran akan berjalan apabila anggota PPK melakasanakan tugas yang disampaikan oleh pimpinan.

“PPK ada atasan, atasan ada atasan lagi. Jika ini sudah sejalur in syaa allah bapak/ibu sekalian bisa melaksanakan jujur. Tapi lain komando lain dengan yang dikerjakan berarti kita tidak jujur lagi,” terang Bupati.

Oleh sebab itu, menurut dia, apapun permasalahan harus dikomunikasikan dan kordinasikan. Ia menyampaikan bahwa anggota PPK dalam menjalanjkan tugas pasti yang ditemukan banyak permasalahan.

“Jangan kamu berpikir jadi PPK aman, mudah, mencatat merekap, mencatet merekap, bukan itu saja,” ucap Bupati.

Lebih lanjut Bupati menuturkan, dalam sebuah persaingan pasti akan timbul sanggahan. Ia menganologikan dalam permainan catur, jika tidak mentaati aturan pemain akan didiskualifikasi.

“Karena ada persaingan pasti ada protes, main catur saja sudah kena protes, belum jalan sudah dipegang sudah kena diskualifikasi. Benar ada aturan maen catur itu jika sudah dipegang harus jalan. Kalau tidak jalan akan ribut pasti. Sudah pasti ribut. Karena kita tidak mengacuh kepada aturan-aturan,” ungkap Bupati.

Bupati mengatakan bahwa menjadi anggota PPK adalah tugas yang sangat luar biasa karena pemilu 2024 nanti akan menggelar pemilihan legislatif, pemilihan Presiden dan Wakil Presiden dan dilanjutkan pemilihan kepala daerah.

Bupati mengingatkan kembali bahwa pada Pemilu 2019 lalu banyak anggota PPK yang meninggal dunia. Untuk itu dia berpesan agar anggota PPK bisa mengatur tahapan pemilu agar peristiwa tersebut tidak terjadi lagi.

Disisih lain, Bupati menerangkan bahwa pemilu tahun 2024 nanti ada 19 partai yang lolos sebagai peserta pemilu. Pada Pileg di kabupaten PALI, ujar dia, ada 136 Caleg yang menjadi peserta.

“Dari 136 ini pasti ada keluarga sanak famili. Mereka akan menghubungi kalian meminta bantuan. Itu pasti terjadi bukan hanya di PALI tapi seluruh Indonesia. Untuk menyikapi perihal ini harus berkomunikasi dengan pimpinan, kordinasi dengan atasan. Boleh menolong keluarga tapi menolonglah dengan cara yang benar,” imbuh Buapti.

Kendati demikian, Bupati berharap agar anggota PPK dapat melaksanakan tugasnya dengan jujur sehingga kedepan akan tertanam nilai – nilai kejujuran pada generasi berikutnya.

Seperti diketahui, Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) kabupaten PALI Sunaryo, SE melantik 25 anggota PPK dari lima kecamatan di PALI.

Dalam kesempatan itu tampak hadir Kapolres PALI AKBP Efrannedy, SIK., MAP, Komisioner KPU PALI, Komisioner Bawaslu PALI Divisi Hukum Pencegahan, Partisipasi Masyarakat dan Humas Bawaslu Basrul, S.Ap, Kordinator Sekretariat Bawaslu PALI Adi Kurniawan, S.AP., M.Si, Kepala Kesbangpol PALI Sangkut, Camat Talang Ubi Emilya, S.Sos, Camat Tanah Abang Edi Irwan, Camat Abab Razullik, SH, Camat Penukal Kusteti, SE., MM, Camat Penukal Utara Makagiansar. (ej@)