DPMD PALI Telah Melaksanakan Tahapan- Tahapan Pilkades Serentak

Pali56 views

PALI | Superejatv.com – Pesta Demokrasi akan segera dimulai 17 Desa Melakukan Pemilihan Kepala Desa(Pilkades) Serantak pada tanggal 5 Juni 2023 .

Hal ini disampaikan oleh, Plt Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (DPMD) Kabupaten Penukal Abab Lematang Ilir (PALI), Hj Emylia Waasik, S. Sos, Pihaknya saat ini telah melakukan tahap demi tahapan persyaratan Pilkades serentak dari mulai Membaca Al-Quran, Pisikotes dan lain-lain.

“Tahun ini Pilkades Serentak dikabupaten PALI ada 17 Desa di lima Kecamatan mulai dari Kecamatan Talang Ubi meliputi 5 Desa, Desa Simpang Tais, Desa Beruge Darat, Desa Suka Damai, Desa Suka Maju, Dan Desa Semangus, Kecamatan Penukal 3 Desa, Desa Gunung Raja, Desa Purun Timur, Desa Mangku Negara Timur, Penukal Utara 1 Desa, Desa Prabu Menang, Tanah Abang 7 Desa, Desa Bumi Ayu, Desa Tanah Abang Utara, Desa Tanah Abang Selatan, Desa Tanjung Dalam, Desa Tanah Abang Jaya, Desa Muara Dua, Desa Suka Manis, Dan Kecamatan Abab 1 Desa, Desa Betung Selatan. Berikut nama Desa-Desa yang akan mengikuti pesta demokrasi tahun ini,” ungkapnya, Kamis (27/4/2023).

Lebih lanjut dikatakan Kadin DPMD bahwa tahapan Pilkades sudah sesuai dengan daftar tahapan yang telah di buat.

“Alhamdulilah bakal calon Kades sampai saat ini aman, dan kondusif serta mereka tertib mengikuti mekanisme yang telah ditentukan oleh panitia Pilkades,” tukasnya.

Kepala Bidang Pemerintahan dan Pendapatan Desa Rahmat Dinata, S.TP Menambahkan bahwa panitia pilkades saat ini sedang menunggu hasil dari Pisikotes pada tanggal 18 April 2023, hasil Pisikotes pada tahapan Pilkades terlambat keluarnya karena pada tanggal 19 April 2023 personil dari Rumah Sakit Siti Fatimah Daerah Sumatera Selatan cuti.

“Hasil dari piskotes ini insyaAllah akan keluar dalam beberapa hari lagi hasilnya sendiri akan diambil langsung oleh panitia Pilkades Desa Semangus Dan Desa Muara Dua dan langsung dibawa kesekteriat Desa masing-masing, selanjutnya panitia Pilkades akan mengundang bakal calon Kepala Desa, Tokoh Masyarakat Serta Pihak Kepolisian untuk pengamanan dan diingatkan kembali kepada Balon Kades fakta integeritas yang sudah ditanda tangani kemudian akan diumumkan dan kita harapkan semua akan menerima hasil tersebut menang kalah harus siap,” pungkasnya.(Snt)