Habib Usman Alkaf: Ajak Untuk Tetap Jaga Ketertiban Pada Prosesi Kegiatan Ziarah Kubro

Palembang49 views

Palembang | Superejatv.com –Ziarah masih menjadi kegiatan penting bagi masyarakat, terutama masyarakat Muslim. Bahkan, ziarah telah menjadi tradisi bagi masyarakat Muslim saat menjelang bulan Ramadan.

Masyarakat Muslim di Palembang memiliki tradisi ziarah menjelang bulan Ramadan yang disebut dengan ziarah kubra. Ziarah ini dilakukan setiap akhir bulan Syakban atau menjelang bulan puasa oleh masyarakat Kota Palembang, Sumatera Selatan.

Tradisi ini muncul karena adanya komunitas Arab yang tinggal dan menetap di Kota Palembang. Tradisi ini dilakukan dengan mengunjungi makam.

Mengutip dari Kanal Youtube Riza Fahlevi : Ungkap Rangkain Ziarah Kubro Bersama Al Habib Usman Alkaff (Ulama Palembang Darussalam). Tradisi ini diikuti ribuan peserta yang semuanya laki-laki. Peserta ziarah ini tak hanya berasal dari masyarakat dalam negeri, tetapi juga dari luar negeri.

Al Habib Usman Alkaff menjelaskan, Ziarah Kubro adalah ajaran leluhur dari keluarga, sebelum memasuki bulan suci Ramadhan melakukan ziarah, tidak hanya pada saat menjelang bulan suci Ramadhan.

“Sebenarnya berziarah adalah sudah menjadi tradisi leluhur secara turun temurun ke makam keluarga, teruma berziarah kepada orang-orang yang dikasihi Allah S.W.T. Ziarah Kubro ini sendiri dilaksanakan selama tiga hari 10-12 Maret 2023,” kata Al Habib Usman Alkaff, Sabtu (11/03/23).

“Rangkaian kegiatan ini sendiri dilaksanakan selama tiga hari di tempat dan waktu yang berbeda-beda, dimulai Hari pertama Ziarah Kubro Palembang pada Jumat (10/3). Tempat ziarah yang dikunjungi adalah pemakaman Al Habib Ahmad Bin Syech Shahab. Waktunya pagi pukul 06.30-09.30 WIB. Peziarah akan mulai berkumpul dan start mulai Masjid Darul Muttaqien, sampai makam Al Habib Aqil Bin Yahya – Pemakaman Al Habib Ahmad bin Syeckh Shahab , 8 Ilir Palembang. Kemudian dilanjutkan, Rauhan dan Haul Al Habib Ahmad Abdullah Al Habsyi. Waktunya, ba’da Ashar pukul 16.30 – 19.30 WIB di Pondok Pesantren (Ponpes) Arriyadh, Jl KHA Azhari 13 Ulu. Selanjutnya Ba’da Isyak pukul 20.00 WIB sampai selesai, ziarah ke pemakaman Aulia dan Habaib Telaga Swidak, Tempat pemakaman Telaga Swidak 14 Ulu, Palembang,”imbuhnya.

“Hari Kedua Ziarah Kubro Palembang, Sabtu (11/3) Pembacaan Kitab Burdah di kediaman Habib Ahmad Bin Hasan Al Habsyi, Kampung Alhabsyi Lorong BBC 12 Ulu pukul 08.30 WIB sampai selesai. Dilanjutkan ziarah ke pemakaman Babussalam As-Seggaf dan Haul Habib Abdurrahman bin Alwi As-Seggaf pukul 08.30 WIB sampai selesai di pemakaman Babussalam As Seggaf dan Habaib Assegaf 16 Ulu, Palembang.

“Pada hari ketiga Ziarah Kubro Palembang Minggu (12/3) Agenda Ziarah Kubro Palembang diawali dengan haul Habib Abdullah bin Idrus Shahab dan Habib Abdurrahman Al Bin Hamid pukul 06.30 sampai 08.30 WIB di Kampung Sei Bayas 8 Ilir.

Dilanjutkan Ziarah Kubro Ulama dan Aulia Palembang Darussalam pukul 08.15 sampai selesai, di pemakaman Habib Pangeran Ali BSA, Kawah Tengkurep dan Kambang Koci 3 dan 5 Ilir. Dan mengakhir ziarah adalah Wisata Bahari, mulai BKB- Makam Kyai Muara Ogan, waktu Habis Ashar pukul 16.00 WIB sampai selesai,” terang Al Habib Usman Alkaff yang juga popular dikalangan masyarakat Palembang dengan sapaan Ustadz BG.

Untuk menjaga ketertiban dan keamanan pelaksanaan kegiatan Ziarah Kubro ini juga diungkap Ustadz BG juga menyampaikan rasa terimakasih kepada pihak keamanan baik TNI dan Polri.

“Kami mengucapkan terimakasih atas sinergi dan Kerjasama yang terbina bersama aparatur penegak hukum baik TNI dan Polri sehingga pelaksanaan Ziarah Kubro dapat terlaksana dengan lancar berjalan sesuai agenda yang ditentukan,” tutup Al Habib Usman Alkaff. (DNL)