Jalan Menuju Desa Wisata Sungsang IV Rusak, Menparekraf : Jangan Sampai Viral !

Banyuasin61 views

Jalan Menuju Desa Wisata Sungsang IV Rusak, Menparekraf : Jangan Sampai Viral !

Banyuasin | SuperejaTV.com –Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Sandiaga Salahuddin Uno soroti kondisi jalan yang digunakan sebagai akses menuju Desa Wisata Sungsang IV, Kecamatan Banyuasin II Kabupaten Banyuasin.

Hal tersebut manakala Menparekraf melakukan kunjungan Anugerah Desa Wisata Indonesia (ADWI) Tahun 2023, Sabtu (13/05/23).

Yang mana, Desa Sungsang IV masuk ke dalam 75 Desa Wisata Terbaik.

Namun disayangkan beliau, sebagai desa wisata, akses jalan menuju desa ini sangat memprihatinkan karena rusak, berlubang, serta berdebu.

Seketika Menparekraf meminta kepada Bupati Banyuasin, H. Askolani untuk segera mengajukan proposal ke PUPR untuk segera dilakukan perbaikan dan mengingatkan agar jangan sampai menunggu viral.

“Jadi sebelum viral hati-hati, gaes, kalau viral presiden yang akan datang ke sini. Ini bahaya, nanti saya yang kena marah presiden,” katanya, Sabtu (13/5/23).

Disamping itu, Sandi menyebut bahwa desa ini memiliki daya tarik beragam yang tidak dimiliki desa-desa lain. Salah satu daya tariknya yakni Tari Burung Migran.

“Tari Burung Migran itu, menurut saya daya tarik yang bisa dikemas, sekaligus juga dan beberapa bulan di desa wisata Sungsang IV ini akan dikujungi berbagai jenis burung, ini sangat menarik karena ini adalah bagian tourism,” ujarnya.

Kata Sandi, Desa Wisata Sungsang IV yang berada di Kabupaten Banyuasin ini memiliki topografi daratan yang mayoritas perairan sungai, dengan pohon mangrove di sekitar bibir sungai dan memiliki sumber daya alam yang melimpah.

Lebih lanjut Sandi mengatakan, mata pencaharian utama di desa ini yakni sebagai nelayan, sehingga menjadikan Sungsang IV banyak menyimpan kuliner khas yang tak dimiliki daerah lain seperti aneka pempek olahan udang, pindang udang, kemplang udang, kerupuk udang, tekwan udang, terasi udang dan masih banyak lagi.

“Menurut saya nggak semua desa wisata kelas nasional dan internasional ini punya potensi seberagam ini,” ujarnya. (NV)*