Kapolsek Tanah Abang Monitoring, Koordinasi Dan Penggalangan terhadap Panitia Pilkades

Pali143 views

PALI | Superejatv.com – Kapolres PALI AKBP Khairu Nasrudin, S.I.K, M.H melalui Kapolsek Tanah Abang AKP. Zaldi, SH.M.Si, Monitoring, Koordinasi dan Penggalangan terhadap Panitia Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) Desa Tanah Abang Jaya Kecamatan Tanah Abang Kabupaten PALI.

Kegiatan terkait tahapan Pilkades Serentak Tahun 2023 di wilayah Kecamatan Tanah Abang Kabupaten Penukal Abab Lematang Ilir Provinsi Sumatera Selatan, Kamis (30/3/2023) sekira pukul 09.00 WIB.

Kapolres PALI AKBP Khariu Nasarudin diwakili Kapolsek Tanah Abang AKP. Zaldi didampingi Kanit Reskrim Ipda Aidil Fitriansyah, Kanit Binmas Aiptu LD. Umarsaid, Kanit Propam Aipda Akipsah, Kanit Intelkam Aipda Roy. P. Saragih, SH, Bhabinkamtibmas Bripka Beni Arsal menerangkan telah melaksanakan Monitoring, Koordinasi dan Penggalangan terhadap Panitia Pemilihan Kepala Desa.

“Desa Tanah Abang Jaya Kecamatan Tanah Abang Terkait tahapan Pilkades serentak Kabupaten PALI Tahun 2023,” terang Kapolsek AKP Zaldi mewakili Kapolres PALI AKBP Khariu Nasarudin.

Dijelaskan Kapolsek Adapun panitia Pilkades Desa Tanah Abang Jaya berjumlah 9 (sembilan) orang, ketua Yulian Helmi Bendahara Judin, SP Imran, Rilo Pambudi, S.Kom, Asriadi Thamrun, Yulian Helmi, Ardiansyah, Tomi Devisa, K, Citra Anggraini, S.Si.

Tahapan Pilkades pada saat ini dimulai dari Tanggal 01 Maret 2023 s/d 31 Maret 2023 yaitu Pendaftaran dan Penjaringan Bakal Calon Kepala Desa.

Adapun Calon Kepala Desa di Desa Tanah Abang Jaya Kecamatan Tanah Abang Kabupaten PALI yang sudah mengembalikan berkas dan akan mengikuti kontestasi Pilkades sebanyak 5 (lima) orang.

“1), Muhamad Bambang Krisna, Dusun 1

2), Irwansyah, Dusun.III

3), Karno, S.Pd, Dsn V

4), Ahmad Gunawan Bakti, Dusun V

5), Epriadi, Dusun.II, ke 5 orang tersebut Desa Tanah Abang Jaya Kecamatan Tanah Abang Kabupaten PALI,” jelas Kapolsek Tanah Abang.

Untuk wilayah Kecamatan Tanah Abang terdapat 7 (tujuh) Desa yang akan melaksanakan Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) serentak se Kabupaten Pali yang direncanakan akan dilaksanakan pada Tanggal 05 Juli 2023, Antara lain :

Desa Bumi Ayu, Desa Tanah Abang Selatan. Desa Tanah Abang Utara, Desa Tanah Abang Jaya, Desa Muara Dua, Desa Suka manis, Desa Tanjung Dalam.

Adanya pergantian Ketua Panitia Pilkades Desa Tanah Abang Jaya Kecamatan Tanah Abang Kabupaten PALI yang semula Ketua Panitia Pilkades dijabat oleh Karno, S.Pd digantikan oleh Yulian Helmi, dikarenakan Karno, S.Pd mengikuti Calon Kepala Desa Tanah Abang Jaya Kecamatan Tanah Abang Kabupaten PALI Surat Pernyataan Karno, S.Pd Melepaskan Jabatan Ketua Panitia Pilkades Terlampir.

Informasi yang didapat dari Panitia Pilkades bahwa Ketua Panitia Pilkades Tanah Abang Jaya yang baru Sdr. Yulian Helmi belum dilakukan Pelantikan dikarenakan masih menunggu Instruksi dari Pihak Kecamatan Tanah Abang.

“Telah dilakukan Tes Kemampuan Pembacaan Al-Qur’an di Tanggal 29 Maret 2023 oleh Kemenag, yang di koordinir melalui Dinas DPBMD, untuk hasil Tes Kemampuan Pembacaan Al-Qur’an belum diumumkan dari Pihak Kemenag Kabupaten PALI,” ujar Kapolsek AKP Zaldi didampingi Kanit dan Bhabinkamtibmas.

Lebih lanjut Kapolsek mengatakan Calon Kepala Desa Irwansyah merupakan Incumbent / Petahana yang akan habis masa jabatan sebagai Kepala Desa Tanah Abang Jaya di tanggal 10 bulan Mei Tahun 2023.

Akan tetap dilakukan Koordinasi dan Penggalangan terhadap Panitia Pilkades dan Pemerintah Desa yang akan melaksanakan Pilkades untuk upaya Deteksi Dini dan meminimalisir kerawanan – kerawanan yang bakal terjadi dalam setiap pelaksanaan tahapan Pilkades.

Disampaikan kepada Panitia Pilkades agar tetap berkoordinasi dengan pihak Polsek Tanah Abang terkait keamanan dalam setiap pelaksanaan tahapan Pilkades.

“Sampai dengan saat ini situasi Kamtibmas di Desa yang akan melaksanakan Pilkades serentak masih dalam keadaan aman kondusif,” tuturnya. (Snt)

Sumber Humas Polres PALI