KemenPAN-RB Berikan Penghargaan Pelayanan Prima kepada Biro SDM Polda Sumsel dan SSDM Polri

Berita13 views

Palembang, Superejatv.com- Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (KemenPAN-RB) memberikan penghargaan kepada Biro SDM Polda Sumsel serta Staf Sumber Daya Manusia (SSDM) Polri lainnya dalam Kategori Pelayanan Prima, versi hasil Pelaksanaan Pemantauan dan Evaluasi Kinerja Penyelenggara Pelayanan Publik (PEKPPP) Nasional 2023. Layanan yang dimaksud adalah Assessment Center SSDM Polri.
Hal ini diumumkan MenPAN-RB Abdullah Azwar Anas dalam Musyawarah Rencana Pembangunan (Musrenbang) Polri pada di The St. Regis, Setiabudi, Jakarta Selatan (Jaksel), hari ini, Selasa (9/7/2024). Diketahui, Assessment Center SSDM Polri berbasis komputerisasi dan diperluas dan menjadi sarana untuk menguji kompetensi polisi.

“Untuk menciptakan organisasi kepolisian masa depan, diperlukan transformasi SDM dengan mengikuti perkembangan teknologi digital dan pergeseran lingkungan bisnis yang ada,” kata Azwar Anas dikutip dari keterangan tertulis SSDM Polri.

Penilaian asesmen tersebut berdasarkan kompetensi manajerial. Selain memperluas ruang Assessment Center, SSDM menambah jumlah perangkat computer assisted test (CAT) dan alat pendukung lainnya. Selain SSDM Polri, satuan kerja lainnya yang mendapatkan penghargaan Kategori Pelayanan Prima versi PEKPPP Nasional 2023 adalah Direktorat Lalu Lintas Polda Sumatera Selatan (Ditlantas Polda Sumsel) di sisi kepengurusan administrasi buku kepemilikan kendaraan bermotor (BPKB).

Kemudian, penghargaan kategori Wilayah Birokrasi Bersih dan Melayani (WBBM) diraih Biro SDM Polda Sumatera Selatan (Sumsel). Kemudian, kategori Wilayah Bebas dari Korupsi diraih Biro SDM Polda Bali, Polres Karawang, Polres Pasuruan, Polres Lamandau, Ditpolairud Polda Sumsel, Biro SDM Polda Jatim, Polres Barito Timur, dan Bidang Keuangan Polda NTB.

“Saya ucapkan selamat ya, Pak Dedi, tadi Pak MenPAN-RB sampaikan untuk teman-teman yang terus memiliki integritas untuk membangun dan memperbaiki organisasi, tentunya menjadi catatan untuk kita pertimbangkan, dan tentunya ini kita harapkan menjadi semangat dan motivasi, di samping tentunya banyak kegiatan-kegiatan lain yang rekan-rekan lakukan,” ucap Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo pada kesempatan yang sama.

“Dan semua itu tolong untuk juga menjadi pertimbangan pada saat rekan-rekan mendapatkan promosi-promosi, yang tentunya disesuaikan dengan prestasi-prestasi sebagai bentuk reward organisasi,” imbuh Jenderal Sigit.

Terpisah saat dihubungi Kabid Humas Polda Sumsel Kombes Pol Sunarto melalui Kasubbid PID AKBP Suparlan SH MSi, membenarkan Polda Sumsel Menerima Penghargaan dari Kemenpan-RB Republik Indonesia ucap Suparlan kepada Wartawan Selasa 9 Juli 2024 siang , Penghargaan tersebut yakni, Pertama Kategori Pelayanan Prima Hasil PEKPPP Nasional Tahun 2023 diberikan kepada *Ditlantas Polda Sumsel (BPKB)*yang langsung diserahkan kepada Dirlantas Polda Sumsel Kombes Pol M.Pratama Adhyasastra SIK,MSi,

Kemudian yang kedua Kategori Pembangunan Zona Integritas Predikat WBBM diberikan kepada *Biro SDM Polda Sumsel*langsung diberikan kepada Karo SDM Polda Sumsel Kombes Pol Sudrajad Hariwibowo SIK MSi

Kemudian yang ketiga Kategori Pembangunan Zona Integritas Predikat WBK diberikan kepada Ditpolairud Polda Sumsel
Dan yang keempat. Kategori Pelayanan Prima Hasil PEKPPP Instansional Tahun 2023 diberikan kepada :
– Polres Banyuasin
– Polres Oku Selatan
– Polres Oki
– Polres Oku Timur
– Polres Musi Rawas

Kasubbid PID AKBP Suparlan menambahkan dengan penghargaan yang diberikan Kapolri kepada Polda Sumsel tersebut semoga dapat memotivasi personil Polda Sumsel dan jajaran untuk meningkatkan pelayanan kepada masyarakat tandasnya