Kodam II Sriwijaya Gelar Salat Idul Adha 1444 H Bersama

TNI/POLRI89 views

Palembang | SuperejaTV.com – Kepala Staf Kodam II/Sriwijaya Brigjen TNI Ruslan Effendy, S.I.P., dan Wakil Ketua Persit KCK Daerah II/Sriwijaya, Ny. Ruslan Effendy melaksanakan Sholat Idul Adha 1444 Hijriah Bersama, Kamis (29/06/23) bertempat di Lapangan Makodam II/Swj Palembang.

Pelaksanaan Sholat Idul Adha 1444 H/ 2023 M di Makodam II/Swj ini diikuti sedikitnya ± 1.500 orang jamaah terdiri dari Prajurit, PNS dan keluarga Besar Kodam II/Swj serta warga masyarakat di sekitar Makodam II/Swj. Bertindak sebagai Imam/Khatib adalah Habib Muhammad Syukri Bin Ali Shahab.

Dalam ceramahnya, Habib Muhammad Syukri mengajak kepada seluruh jamaah Sholat Idul Adha untuk mengambil hikmah dan makna dari peringatan Hari Raya Idul Adha atau yang juga dikenal dengan Hari Raya Qurban, dimana setiap muslim hendaknya senantiasa tulus, ikhlas dan rela berkorban serta menjadikan perayaan Idul Adha sebagai momentum untuk melakukan evaluasi, instrospeksi dan mawas diri terhadap semua yang telah dilakukan selama ini.

Habib juga menyampaikan kepada jamaah untuk selalu bersyukur agar Allah SWT menambah nikmat-Nya. Selain itu, beliau juga mengajak untuk selalu menjalin hubungan sesama manusia dan hubungan dengan Allah, Hablumminallah dan Hablumminannas.

“Banyak beribadahnya, banyak sedekahnya, banyak puasanya dan jalin hubungan sesama manusia agar dapat mencapai Ridhonya Allah dan Surganya Allah,” tuturnya.

Habib Muhammad Syukri juga mengungkapkan bahwa, momen Hari Raya Idul Adha ini menjadikan diri kita harus patuh terhadap perintah orang tua.

“Apabila kalian memandang orang tua, hendaklah dengan pandangan kasih dan sayang maka Allah akan memberikan kalian pahala Haji. Begitulah kewajiban kita terhadap orang tua, Surganya Allah berada di ridho nya Allah SWT dan ridho orang tua,” jelas Habib Syukri.

Habib juga mengingatkan agar ikhlasan berjalan di jalan Allah untuk selalu berbagi rizki yang diperoleh dan dibelanjakan hendaklah dengan uang yang halal dan bukan harta yang haram. Marilah kita saling menyayangi saling memberi,” tuturnya.

Usai melaksanakan Sholat Idul Adha, Kasdam dan para pejabat Kodam II/Swj berangkat menuju ke Markas Bintaljarahdam II/ Swj, yang tidak jauh dari Markas Kodam II/Swj, untuk melaksanakan penyerahan dan menyaksikan penyembelihan hewan Qurban.

Hewan Qurban yang terkumpul sebanyak 14 ekor sapi dan 5 ekor kambing, baik yang berasal dari Panglima TNI dan para prajurit serta pejabat di lingkungan Kodam II/Swj juga dari masyarakat.

Dengan iringan kumandang takbir semua hewan Qurban disembelih dan dipotong, selanjutnya dibagi-bagikan kepada warga masyarakat yang berhak menerimanya.

Turut hadir dalam kegiatan tersebut Kasdam II/Swj, Irdam II/Swj, Kapok Sahli Pangdam II/Swj, para Asisten Kasdam II/Swj, para Kabalakdam II/Swj, dan para Pengurus Persit KCK PD II/Swj.