Kodam II/Sriwijaya Resmikan 1.898 Gerakan Manunggal Air

Palembang23 views

PALEMBANG | Superejatv.com –   Peresmian 1.898 titik Gerakan TNI Manunggal Air , Manunggal Pertanian dan Bakti Sosial berupa sunatan massal, Posyandu, Pembagian sembako, dan donor Darah di kota Palembang provinsi Sumatera Selatan tahun 2024 yang di laksanakan  di jalan Taqwa, Mata Merah, Lorong Sei Jawi, Rt. 26 Rw. 07, Kelurahan Mata Merah, Kecamatan Kalidoni , Selasa (06/02/2024).

Kodam II/Sriwijaya melaksanakan kegiatan TNI Manunggal Air yang merupakan program unggulan dari Kepala Staf TNI Angkatan Darat ,dan dicanangkan serentak diseluruh Indonesia.

Di tahun 2023, TNI AD sudah melaksanakan kegiatan 123 TNI Manunggal Air di beberapa wilayah propinsi diantaranya Sumatera Selatan, Jambi, Bengkulu, Lampung, dan Bangka Belitung, tujuannya adalah untuk memberikan air ke daerah-daerah yang sangat sulit airnya untuk dibagikan ke masyarakat.

Pangdam II/Sriwijaya, Mayjen TNI Yanuar Adil mengatakan, Ada beberapa wilayah yang kesulitan air, disitulah TNI ada, dan ada beberapa yang didukung dari pusat seperti kontrak bahkan dari pemerintah daerah lewat Ketua DPRD Provinsi di dukung anggarannya dan ini akan terus berlanjut sampai tahun 2024.

“Sekarang sudah ditempelkan kegiatan TNI manunggal air dengan TMMD, jadi dimana ada TMMD disitu ada kegiatan TNI manunggal Air. Debit air ini merupakan sumber, baik dilaksanakan dengan pompa hidrat kemudian di pipanisasi masuk ke tempat penampungan baru didistribusikan ke masyarakat, dan ini sudah dilakukan di tempat kita sekarang melakukan peresmian TNI Manunggal Air, di konsumsi gratis kepada masyarakat,” ujar Pangdam.

Majyen Yanuar Adil menuturkan, Pihaknya sudah melakukan cek air berkoordinasi dengan PDAM untuk kelayakan air tersebur, bisa dikonsumsi atau tidak airnya.

“Kita masih menunggu masukan dari pemerintah daerah, wilayah mana saja yang perlu ada TNI Manunggal Air, tentunya kita survey. Untuk kendalanya cukup bervariasi, kita mempunyai alatnya, apakah ke dalaman 30, 40, bahkan sampai 100 meter,” tukasnya.

Sementara itu, Ketua DPRD provinsi Sumsel, Hj. R.A. Anita Noeringhati, SH, MH menambahkan, Kebutuhan air memang sangat dibutuhkan khususnya masyarakat kota Palembang, ada beberapa wilayah di provinsi Sumatera Selatan yang masih membutuhkan air bersih.

“Tentunya kita memberikan apresiasi agar program dari bapak Kasad ditetapkan diseluruh Indonesia khususnya Sumatera Selatan seperti apa yang disampaikan Bapak Pangdam tadi, nanti saya laporkan kepada Bapak Gubernur karena bagaimana pun ini lewat dari pemerintah daerah untuk kota Palembang,”  pungkasnya.

Sementara itu  ditempat yang sama Dandim 0418/Plg Kolonel Czi Arief Hidayat.M.han Program TNI AD Manunggal Air ini merupakan program dari Kepala Staf Angkatan Darat, dengan tujuan untuk membantu kebutuhan masyarakat akan air bersih.

Kodim 0418/Plg Sendiri telah melakukan TNI Manunggal Air di beberapa wilayah kota Palembang dan hari kita meresmikan secara nasional serentak seluruh Indonesia dan titik Manunggal Air kota Palembang yang di resmikan hari ini berpusat Agro Wisata Edukasi Sungai Jawi wilayah binaan Koramil 418-05/Lemabang

Dengan kegiatan kemanunggalan Air ini dapat membantu warga kota Palembang yang selama ini sulit mendapatkan air sehingga ini lah bentuk kemanunggalan TNI kepada rakyat ,” ungkap Kolonel Czi Arief Hidayat, M.Han (Red)