Kodam II/Swj Gelar Apel Peringatan Harkitnas ke-115 Tahun 2023

TNI/POLRI67 views

Kodam II/Swj Gelar Apel Peringatan Harkitnas ke-115 Tahun 2023

Palembang | SuperejaTV.com – Memperingati Hari Kebangkitan Nasional ke-115, Kodam II/Sriwijaya menyelenggarakan upacara bendera di lapangan apel Makodam II/Swj Palembang, Senin (22/05/23).

Selaku Inspektur Upacara pada Peringatan Harkitnas tersebut, Pangdam II/Sriwijaya, Mayjen TNI Hilman Hadi, S.I.P., M.B.A., M.Han.

Adapun tema Hari Kebangkitan Nasional 2023 kali ini adalah “Semangat untuk Bangkit”. Tema ini bertujuan membangkitkan kesadaran akan nilai nasionalisme masyarakat Indonesia.

Mengutip sambutan Menteri Komunikasi dan Informatika RI, yang dibacakan oleh Pangdam II/Swj Mayjen TNI Hilman Hadi menyampaikan, bahwa 115 tahun lalu, bara persatuan Indonesia sebagai negara mulai menyala.

Hal ini ditandai dengan meleburnya berbagai gerakan perjuangan yang bersifat kedaerahan menjadi satu barisan yang utuh dengan didirikannya Boedi Oetomo pada tanggal 20 Mei 1908.

Sejak saat itu, gerakan perjuangan Indonesia dengan gegap gempita bergerak maju mewujudkan Republik Indonesia sebagai negara yang satu, berdaulat, adil, dan makmur.

“Di masa ini, di saat kemerdekaan telah kita raih, barisan perjuangan kita harus tetap rapat, erat, dan terus maju bergerak mengobarkan api “Semangat untuk Bangkit !”, demi mewujudkan Indonesia Emas 2045,” jelas Pangdam.

Selama 3 tahun terakhir, di tengah kekurangan, tantangan, dan masalah yang kita hadapi bersama, barisan perjuangan rakyat Indonesia terbukti tetap erat dalam melaksanakan penanganan pandemi Covid-19 sekaligus untuk memulihkan perekonomian bangsa.

“Hal ini menjadi momentum untuk memaknai Hari Kebangkitan Nasional Ke-115 ini sebagai upaya membangun semangat kebangsaan untuk bangkit pasca pandemi”, ujarnya.

Selanjutnya, Pangdam mengatakan, Hari Kebangkitan Nasional hari ini juga dimaknai dengan memperingati perjuangan bersama.

Kementerian, Lembaga, Pemerintah Daerah, sektor swasta, akademisi, pers, komunitas, dan seluruh elemen bangsa saling bahu membahu berkolaborasi menerapkan nilai-nilai persatuan juga kesatuan dalam mewujudkan kebangkitan bangsa kita dari berbagai krisis global, baik kesehatan, perekonomian, hingga geopolitik sekalipun.

Data Badan Pusat Statistik (BPS) menunjukan bahwa perekonomian Indonesia di tahun 2022 tercatat tumbuh 5,31% (Year-on-year/yoy), jauh meningkat dari pertumbuhan di tahun 2021 sebesar 3,70% (yoy) dan bahkan melebihi capaian pertumbuhan sebelum masa pandemi di tahun 2019.

Pertumbuhan ekonomi Indonesia di triwulan I tahun 2023 pun masih tercatat terus bertumbuh sebesar 5,03% (yoy), menunjukkan performa yang lebih baik dari periode Triwulan IV tahun 2022 yang tumbuh sebesar 5,01% (yoy).

“Tentu kita berharap agar capaian-capaian ini dapat kita pertahankan dan terus tingkatkan demi kesejahteraan masyarakat serta kemajuan bangsa Indonesia”. Lanjut Pangdam.

“Selain merayakan berbagai capaian bangsa Indonesia, Hari Kebangkitan Nasional juga kita maknai dengan mensyukuri segala langkah kemajuan, perbaikan, atau bahkan pelajaran yang didapatkan dari perjuangan kita”, pungkas Mayjen TNI Hilman Hadi.

Upacara Harkitnas diikuti oleh Kasdam II/Swj , Irdam II/Swj, Kapok Sahli Pangdam II/Swj, Asrendam II/Swj, para Asisten Kasdam II/Swj, dan para Dan/Kabalakdam II/Swj serta perwakilan Prajurit Perwira, Bintara dan Tamtama se-Garnizun Palembang.