Line Pipa Migas Pertamina Pendopo Terbakar Diduga Disabotase

Pali106 views

PALI | Superejatv.com – Diduga disabotase, line pipa minyak dan gas milik Pertamina Hulu Rokan Zona 4 Field Pendopo terbakar. Kejadian kebocoran pipa, tepatnya pada jalur Talang Akar menuju Pengabuan, tepatnya di Dusun 3 Suka Menanti Desa Suka Damai Kecamatan Talang Ubi Kabupaten Penukal Abab Lematang Ilir (PALI) Provinsi Sumatera Selatan, Minggu, (5/03/2023) sore sekitar pukul 16.00 WIB.

 

Nasution (35) tahun salah satu warga Desa Sukadamai dan juga pekerja keamanan (PK)

mengatakan, diduga pipa sengaja di gesek dan dibakar oleh orang yang tidak bertangung jawab, terbakarnya line pipa itu akibat diduga disabotase orang yang tidak bertangung jawab.

 

“sekitar jam 4 sore kejadian ini sepertinya pipa ini diduga segaja di gesek dan selanjutnya disulut api dengan menggunakan ranting kayu dengan panjang lebih kurang 4 meter,” ungkapnya kepada wartawan.

 

Sementara itu, Polres PALI melalui Kapolsek Talang Ubi A. Darmawan, SH mengatakan ” Kobaran api dari line pipa pertamina Desa Sukadamai tersebut, diduga kuat disebabkan sabotase dengan cara digesek oleh orang tak dikenal,” Kata Kapolres PALI AKBP Khairu Nasrudin, S.I.K, M.H, melalui Kapolsek Talang Ubi KOMPOL A. Darmawan SH.

 

Lebih lanjut dikatakannya, “Langkah-langkah dari kami tetap melakukan patroli rutin khususnya polsek Talang Ubi secara luasnya Polres PALI, dari pihak pertamina juga melakukan hal yang sama kita berusaha akan melakukan penyelidikan untuk menangkap pelakunya jadi bisa tau motifnya apa,” ungkapnya.

 

Dijelaskannya, Setelah digesek pakai gergaji besi kata Kapolsek, selanjutnya disulut api dengan menggunakan ranting kayu dengan panjang lebih kurang 4 meter.

 

Dikatakan KOMPOL A. Darmawan, kejadian itu sekitara pukul 16.00, WIB, dan pertama kali diketahui oleh Nasution (35) yang tak lain merupakan Penjaga Keamanan Pertamina asal Desa Sukadamai, kecamatan Talang Ubi kabupaten PALI.

 

” Mengetahui adanya kobaran api dari line pipa Pertamina itu, saksi menghubungi rekanya bernama Romsah (40) yang tak lain adalah Penjaga Keamanan Pertamina, berselang kemudian saksi ke dua ini langsung menelpon kepala scurity Pertamina,” jelasnya lagi.

 

Lanjutnya, sekira pukul 16.45 wib pihak Damkar Pertamina dan Damkar Pemkab PALI datang ke TKP diiringi rombongan Polsek Talang Ubi. Sekira pukul 17.10 Wib api berhasil dipadamkan.

 

” Setelah api padam diketahui line pipa pertamina dirusak dengan cara digesek dan selanjutnya line pipa tersebut telah diperbaiki, dan kita akan terus melakukan penyelidikan terkait dugaan sabotase ini,” Tutup Kapolsek Talang Ubi mewakili Kapolres PALI AKBP Khairu Nasrudin, sembari menegaskan Tidak ada korban jiwa dalam peristiwa tersebut.

 

Menanggapi hal tersebut, pihak PT Pertamina EP Pendopo Field bergerak cepat dalam menangani kebocoran pipa pada jalur Talang Akar menuju Pengabuan, tepatnya di Dusun 3 Suka Menanti Desa Suka Damai Kecamatan Talang Ubi Kabupaten PALI.

 

Dalam penangulangan tersebut PT Pertamina EP Pendopo Field dibantu oleh Dinas Pemadam Kebakaran (Damkar) Kabupaten PALI, Pemerintah dan masyarakat Dusun 3 Suka Menanti Desa Suka Damai.

 

Menurut Senior Manager Pendopo Field, I Wayan Sumerta kebocoran diduga akibat perusakan oleh orang tak dikenal. “Pukul 16.00 WIB kami menerima laporan kebocoran dari masyarakat dan langsung ditangani dengan cepat,” ucap Wayan.

 

Head Of ComRel & CID Regional 1 Zona 4 Tuti Dwi Patmayanti, mengapresiasi masyarakat dan Pemerintah Desa Suka Damai yang cepat menginformasikan kebocoran tersebut kepada Pendopo Field.

 

“Kami mengapresiasi kepada semua pihak yang telah membantu PT Pertamina EP Pendopo Field. Hal ini merupakan wujud sinergi positif perusahaan dengan stakeholder,” ujar Tuti menambahkan.

Laporan : Susanto/Ahmad.