Line Pipa Pertamina Pendopo di Desa Suka Damai Kembali di Sabotase Orang Tak Dikenal

Pali48 views

PALI | Superejatv.com -, Line Pipa PT Pertamina EP HuLu Rokan (PHR) Zona 4 Pendopo Field kembali di sabotase orang tak dikenal.

Belum terungkap pelaku pembakaran line pipa Pertamina Pendopo Field menjelang Ramadhan lalu,  aksi vandalisme line pipa Pertamina kembali terjadi di dusun Suka Menanti desa Suka Damai, kecamatan, Talang Ubi, kabupaten Penukal Abab Lematang Ilir

Titik line pipa yang dirusak berjarak sekitar kurang lebih 1 Km dari line pipa Pertamina Pendopo Field yang dibakar pada 21 Maret 2023 lalu.

Berdasarkan pantauan superejatv.com, petugas tim evakuasi dari Pertamina sudah melakukan penanggulangan dengan memasang clamp pipa yang di gergaji untuk menyumbat aliran crude oil.

Tampak aliran crude oil berceceran disekitar lokasi kejadian. Tim evakuasi Pertamina mengatakan pihaknya mendapatkan laporan kejadian dari petugas patroli keamanan line pipa.

“Kami mendapat laporan dari security jam setengah empat subuh tadi,” kata salah satu tim evakuasi kepada superejatv.com di lokasi kejadian, Kamis (04/05/23).

Mendapat laporan tersebut tim evakuasi langsung terjun ke lokasi kejadian. Tiba dilokasi tim evakuasi langsung melakukan pemasangan clamp pada titik pipa yang digergaji.

“Jam empat tiba disini, langsung melakukan pembersihan dan pemasangan clamp,” Ungkapnya.

Menurut dia, sebelum matahari terbit pihaknya sudah berhasil melakukan evakuasi line pipa yang sabotase.

Selain itu, dia menuturkan, pihaknya juga sudah menanggulangi sebagian tumpahan limbah crude oil yang berceceran disekitar lokasi kejadian.

“Sudah di angkut pagi tadi pak, jangan sampai ada yang menumpuk disini,” terang dia.

Dia mengatakan walaupun  ceceran limbah hanya mengalir di sekitar ROW namun karena takut limbah mengalir ke lahan warga disekitar lokasi kejadian, pihaknya mengamankan crude oli kedalam kantong limbah.

Menurut dia, ada sekitar 80 sampai 100 kantong limbah crude oil bercampur sampah dan tanah yang diangkut ketempat penampungan limbah perusahaan.

Selain itu, pihaknya melakukan penanggulangan limbah dengan menyekat aliran crude oil jangan sampai mengalir mencemari lahan warga.

Selanjutnya tim evakuasi perusahaan menunggu HSSE Pertamina Pendopo untuk melakukan pembersihan total limbah di sekitar lokasi.

“Hari ini semua harus selesai dibersihkan,” terang dia.

Menurut dia, berdasarkan pantauan pihaknya di lapangan line pipa sengaja dibocor akibat ulah orang yang tidak bertanggung jawab.

“Ini murni sabotase,” terangnya.

Sementara itu, CDO PT. Pertamina  Pendopo Field Muhammad Rezza membenarkan telah terjadi aksi vandalisme pada line pipa di wilayah hukum desa Suka Damai.

“Pada hari kamis 4 mei 2023 pukul 03.45 WIB diketahui adanya kejadian vandalisme pada pipa trangline delapan segmen empat dekat pemandian sebelum jumper BKT – Bulu Kuring desa Suka Damai kecamatan Talang Ubi kabupaten Penukal Abab Lematang Ilir,” kata dia dalam memberikan keterangan kepada superejatv.com, Kamis (04/05/23).

Menyikapi kejadian tersebut, melalui tim penanggulangan perusahaan PT Elnusa menunju lokasi dan berhasil menghentikan aktivitas pemompaan minyak untuk sementara waktu.

Selanjutnya, kata dia, secara pararel tim piping dan HSSE mempersiapkan keberangkatan menuju lokasi kejadian untuk pemasangan clamp dan pengendalian tumpahan minyak.

“Tidak lama dari kejadian tersebut pada pukul 05.59 WIB tim berhasil melakukan penanggulangan,” terang dia.

Dia menuturkan, saat ini pihak sedang melakukan invertarisasi serta pembersihan tumpahan minyak disekitar area kejadian.

Dia menyatakan pihaknya sangat berterima kasih kepada masyarakat yang telah berperan aktif dalam mendukung kegiatan operasional dari perusahaan dengan turut menjaga aset-aset perusahaan.

“Hal ini akan berimplikasi terhadap dan kelancaran dari operasional perusahaan,” tutup dia.

Sampai berita diterbitkan, superejatv.com mencoba menghubungi Polres PALI namun belum mendapatkan keterangan.