Mendukung Program Ketahanan Pangan Dandim 0432/ Bangka Selatan Tinjau Sawah

Palembang66 views

Palembang | Superejatv.com – Dandim 0432/Bangka Selatan berharap Desa Rias jadi lumbung beras Bangka Belitung. Harapan itu disampaikan Letkol Inf Gani Rahman saat mengunjungi Desa Rias dalam rangka Program Ketahanan Pangan Kabupaten Bangka Selatan (Basel), Jumat (24/02/2023).

“Pada kegiatan hari ini kami melakukan peninjauan untuk masa tanam padi di sawah periode Desember – April Tahun 2023,” ungkapnya didampingi Danramil Toboali.

Dia menjelaskan bahwa, Ketahanan Pangan merupakan salah satu program dari TNI AD. Desa Rias diharapkan jadi Lumbung Beras Provinsi Bangka Belitung.

“Untuk itu kita harus menjaga produktivitas tanaman padi tersebut, agar tidak ada peralihan lahan bercocok tanam dengan yang lainnya,” terang Dandim.

Dikatakan Dandim, lahan pertanian di Desa Rias sekitar 3.000 hektar, tetapi yang baru produktif sekitar 1.780 hektar. “Tentunya dengan produktif sebanyak itu, diharapkan bisa jadi lumbung beras bagi Provinsi Bangka Belitung,” ujar Dandim.

Apalagi Pemkab Basel rencananya tahun ini akan membangun sarana dan prasarana baik itu, irigasi dan sebagainya. “Jadi dengan fasilitas yang diberikan oleh Pemkab Basel diharapkan produktivitas serta kualitas padi semakin meningkat, yang biasanya panen 6 – 7 ton/hektar bisa jadi 7 – 8 ton/hektar,” jelasnya yang berharap para petani bisa memanfaatkan lahan yang ada dengan maskimal.

“Karena apabila lahan pertanian tersebut dialihkan untuk membuat lahan yang baru, tentunya itu jadi susah karena harus mulai dari nol lagi,” pungkas Letkol Inf Gani Rahman.

Sementara itu, tokoh masyarakat Desa Rias Tahang Husin mengucapkan terima kasih kepada Dandim Basel yang sudah berkunjung ke persawahan Desa Rias.

“Terima kasih pak Dandim atas kunjungannya. Semoga harapan bapak terkabul, desa kita bisa jadi lumbung beras bagi Provinsi Bangka belitung serta dengan hasil produksi padi yang berkualitas unggul,” ucapnya.*