Pangdam II/SWJ Sambut Kembalinya Pasukan Yonif Raider 142/Ksatria Jaya dari Papua

TNI/POLRI67 views

Pangdam II/SWJ Sambut Kembalinya Pasukan Yonif Raider 142/Ksatria Jaya dari Papua

Palembang | SuperejaTV.com –Pangdam II/Sriwijaya, Mayjen TNI Hilman Hadi, S.I.P., M.B.A., M.Han., menyambut kedatangan personel Satgas Yonif Raider 142/Ksatria Jaya usai menjalankan tugas Operasi Pengamanan sebagai Satuan Organik di Provinsi Papua.

Penyambutan kedatangan personel Satgas Pamtas dilakukan melalui upacara militer di Dermaga Boom Baru, Palembang, Minggu (21/05/23) sore, sekitar pukul. 15.00 WIB.

Pangdam II/Swj menyampaikan apresiasi dan penghargaan atas keberhasilan Satgas Organik Yonif 142/KJ dalam melaksanakan tugas operasi di Provinsi Papua.

Pangdam juga mengungkapkan rasa bangga berangkat dan kembali 400 orang.

“Sukses di medan tugas dan sukses di home base, tidak ada pelanggaran,” kata Pangdam.

“Selamat datang kembali di Bumi Sriwijaya dan terima kasih serta penghargaan setinggi-tingginya kepada para prajurit Satgas Yonif Raider 142/Ksatria Jaya atas dedikasi dan loyalitas dalam pelaksanaan tugas menjaga integritas dan keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia di Provinsi Papua selama lebih kurang 14 bulan,” ujarnya.

Pangdam mengatakan, keberhasilan yang telah dicapai di daerah penugasan tentunya menjadi bekal dan pengalaman yang sangat berharga dalam menyongsong tugas-tugas ke depan yang semakin berat dan penuh dinamika.

Oleh sebab itu, sambung Pangdam, lakukan evaluasi secara menyeluruh terhadap pelaksanaan tugas yang telah dilaksanakan sebagai bahan penyempurnaan dalam meningkatkan kualitas pembinaan satuan, sehingga kredibilitas dan reputasi Satuan Yonif Raider 142/Ksatria Jaya tetap terjaga dan terpelihara, bahkan dapat lebih ditingkatkan.

“Lakukan inventarisasi dan pengamanan, baik personel, materiil maupun pengamanan berita. Laksanakan kegiatan Harcegah terhadap alat peralatan yang telah digunakan dengan baik sebelum penggudangan, sehingga peralatan tersebut tetap dalam kondisi baik dan siap operasional serta dapat digunakan pada penugasan-penugasan yang akan datang,” kata Pangdam.

Pangdam juga meminta agar segera menyesuaikan diri dengan kondisi dan lingkungan satuan di home base, serta tetap menjaga disiplin, berperilaku santun, simpatik dan sederhana serta membuang jauh-jauh sifat arogan.

“Jadilah prajurit pelopor, yang selalu mentaati setiap rambu dan aturan yang berlaku, sehingga menjadi suri tauladan yang baik bagi masyarakat serta kehadirannya selalu didambakan oleh masyarakat”, tegas Pangdam.

“Selamat jalan dan selamat kembali ke home base perhatikan faktor keamanan dan keselamatan personel selama dalam perjalanan. Sampaikan salam saya kepada keluarga,” tutur Mayjen Hilman Hadi.

Untuk diketahui, personel Satgas Yonif Raider 142/KJ yang telah kembali dari melaksanakan tugas operasi sebagai Satuan Tugas Organik di Provinsi Papua berjumlah 400 personel yang dipimpin oleh Dansatgas, Letnan Kolonel Inf Esnan Haryadi.

Mereka berangkat kembali melakukan perjalanan melalui jalur laut dari Papua menuju Palembang ditempuh sekitar kurang lebih 20 hari, dengan menggunakan KRI Tanjung Kambani – 971.

Tampak hadir dalam upacara penyambutan tersebut antara lain ; Kasdam II/Swj, Irdam II/Swj, Kapok Sahli Pangdam II/Swj, Danrem 042/Gapu, Danrem 044/Gapo, Danlanal Palembang, Asrendam II/Swj, para Asisten Kasdam II/Swj dan para Kabalakdam II/Swj dan beberapa PJU Polda Sumsel serta unsur Forkopimda Sumsel.