Peringati HUT ke-73 Kavaleri, Yonkav 5/DPC Gelar Berbagai Kegiatan Baksos

Palembang72 views

Palembang | Superejatv.com – Dalam rangka memperingati HUT Ke-73 Kavaleri AD, Batalyon Kavaleri (Yonkav) 5/Dwi Pangga Ceta, Karang Endah, menggelar berbagai kegiatan seperti Seminar dan Bhakti Sosial (Baksos) seperti Donor Darah, Pelayanan KB Kesehatan dan Iva Test, Kamis (02/02/2023).

Adapun tema yang diusung dalam kegiatan Baksos tersebut adalah “Mempersiapkan Generasi Penerus Bangsa Dengan Ibu Yang Sehat, dan Anak Terhindar Dari Stunting serta Keluarga Berencana”.

Dalam kegiatan Seminar dan Pelayanan Kesehatan itu tersebut difokuskan terhadap kesehatan ibu dan anak agar terhindar dari stunting.

Seminar Kesehatan yang di gelar di Aula Syamsul Bahri Yonkav 5/DPC kali ini, menghadirkan narasumber, dr. Maria Lydwina Lausane, Sp.A dari RSUD Gelumbang dan dr. Octaria Saputra Sp.OG dari RS. AR. Bunda Prabumulih, dengan peserta Seminar terdiri dari Anggota Yonkav 5/DPC, Persit KCK Yonkav 5/DPC, Persit Koramil Gelumbang, Ibu-ibu Bhayangkari Polsek Gelumbang, Ibu-ibu PKK Kecamatan Gelumbang dan Mahasiswa Mahasiswi KKN UIN Raden Fatah Palembang.

dr. Maria Lydwina Lausane Sp.A., saat diwawancarai menjelaskan, Stunting itu adalah anak dengan tinggi badan tarap usianya di bawah mines dua garis normal karena penyebabnya kurang gizi kronis.

“Untuk mencegahnya kita memantau kurva pertumbuhan anak sejak usia nol bulan. Jadi kita harus pantau secara berkala baik itu cek timbang berat badan, panjang badan, lingkar kepala supaya tidak terlambat. Pencegahannya yakni memberikan nutrisi yang baik seperti protein hewani,” jelasnya,

dr. Maria juga menambahkan, sejak kehamilan penting diperhatikan seperti zat besinya terpenuhi jangan sampai ibu nya anemia dan kurus. “Kalau ibu nya kurang gizi maka anaknya kurang gizi. Oleh karena itu nutrisi ibunya harus terpenuhi semua. Makanya kita diundang oleh Yonkav 5/DPC dalam HUT nya untuk membantu menurunkan angka stunting,” terangnya.

Di tempat yang sama, dr. Octaria Saputra, Sp.OG., memaparkan bahwa, seorang ibu harus mempersiapkan kondisi diri mereka, serta asupan mereka saat masa kehamilan harus di jaga dengan baik.

Sementara itu,Danyon Kavaleri 5/DPC, Letkol Kav Delvy Marico,S.E., M.I.P., mengatakan, dalam rangka memperingati HUT Ke-73 Kavaleri AD dan HUT Yonkav 5/DPC, pihaknya menggelar berbagai macam kegiatan seperti Bhakti Sosial (Baksos) Donor Darah, Pelayanan Kesehatan, Penanganan Stunting dan Seminar.

“Tujuan kita melaksanakan kegiatan ini yakni, membantu pemerintah daerah dalam mengatasi dan mencegah stunting”, kata Letkol Kav Delvy, Kamis (02/02/2023).

“Kalau kita disini, programnya dari bapak Kasad untuk membantu pemerintah mengatasi stunting. Yang kita lakukan yakni mencegah seperti memberikan edukasi, pengetahuan tentang stunting itu sendiri dan Pemberian Makanan Tambahan terhadap anak-anak yang dibawah usia 6 tahun, serta melakukan pengecekan langsung terhadap anak-anak, apakah terkena stunting atau tidak. Kalau ada terkena mungkin ada saran dan masukan apa yang perlu diperbaiki,” ujarnya.

Letkol Kav Delvy juga menambahkan, selain edukasi stunting banyak kegiatan lain kita lakukan dalam HUT Kavaleri AD. Termasuk pemeriksaan kesehatan terhadap warga sekitar serta kegiatan donor darah. “Masyarakat antusias mengikuti pemeriksaan kesehatan. Termasuk donor darah kita berhasil mengumpulkan 90 kantong darah dari yang menyumbangkan darahnya,” pungkasnya.

Selain donor darah terdapat kegiatan guna menunjang kesehatan Ibu sesuai dengan tema yang diangkat seperti KB, disediakan KB Implan yang merupakan jenis KB Jangka panjang serta jenis KB jangka pendek terdapat pil KB dan KB suntik 3 bulanan, dan kegiatan Iva Tes guna deteksi secara dini kanker mulut rahim yang dimana kondisi ini rentan terhadap wanita dikarenakan jarang yang mengetahui sejak dini.

Dalam kegiatan Baksos kali ini, Yonkav 5/DPC bekerja sama dengan PMI Muara Enim, Dinas Kesehatan Muara Enim, Dinas PP dan KB Muara Enim, Puskesmas Gelumbang, RSUD Gelumbang, RS AR Bunda Prabumulih, serta Polkes 02.10.04 Karang Endah Denkesyah Palembang.*