Polres PALI Melalui Polsek Penukal Abab Hadiri Seismik 3D Wilayah Kecamatan Penukal

Pali130 views

PALI | Superejatv.com – PT. Pertamina EP, melaksanakan kegiatan Sosialisasi Survei Seismik 3D diwilayah Kecamatan Penukal bertempat di Gedung Arya Gayab Convention Center Desa Babat pada Kamis (26/1/2023) siang.

Hadir dalam kegiatan tersebut, Camat Penukal, Bhabinkamtibmas Desa Babat BRIPTU Yayan Prayoga, Tim Survei Sesmik 3D PT. Pertamina EP, Kades Desa Babat Arie Mediansyah, Perangkat Desa, beserta Anggota BPBD, Masyarakat Desa Babat.

Dari data Pulbaket Polsek Penukal Abab menyebut, bahwa ada 7 Desa dalam Wilayah Kecamatan Penukal yang akan dilalui jalur survei seismik 3D PT. Pertamina EP.

” Desa Purun, Purun Timur, Babat, Sukaraja, Gunung Raja, Gunung Menang, dan Desa Air Itam,” kata Kapolres PALI AKBP Khairu Nasrudin, S.I.K, MH, melalui Kapolsek Penukal Abab AKP Robby Mononata, SH,MH.

Dijelaskannya, adapun Tahapan Pekerjaan Survei Seismik 3D ini diawali Sosialisasi, Topografi, Rintis dan Bridging, Pendataan Lahan, Bor Dangkal, Perekaman, dan terakhir Kompensasi terhadap lahan kena lintasan.

” Untuk Pembayaran Ganti Rugi Atau Kompensasi Kepada Masyarakat yang terkena Jalur Seismik Tersebut, Pihak Pertamina Menggunakan Pergub,” jelasnya.

Menurut Kapolsek Penukal Abab, informasi yang didapatkan dari Pertamina Ep, bahwa kegiatan ini Merekam Data lapisan bawah permukaan bumi yang di perkirakan ada kandungan minyak atau gas bumi dengan menggunakan metode survei Seismik 3D.

Dikatakan Kapolsek, Survei seismik 3D merupakan tahap lanjutan dari pekerjaan eksplorasi untuk menggambarkan lapisan dalam bentuk volume (3 dimensi) kandungan minyak/gas bumi.

” Belum mendapatkan hasil secara langsung berupa minyak dan gas, dan juga tidak melakukan pembebasan lahan atau tanah, hanya pembersihan lintasan semak belukar dan tumbuhan liar,” Ujar AkP Robby.

Dia berujar, Jika terdapat kerusakan tanaman akibat kegiatan survei seismik, maka akan di lakukan pencatatan jumlah kerugian dan diganti berdasarkan ketentuan yang berlaku.

” Dengan adanya kegiatan Sosialisasi ini Diharapkan dapat terjalin komunikasi dengan baik sehingga pada saat pelaksanaan kegiatan survei Seismik 3D Nantinya dapat berjalan Sesuai dengan yang di harapkan,” Sambung Kapolsek.

AKP Robby Mononata menambahkan, adapun Estimasi Waktu Pengerjaan survei Seismik 3D PT. Pertamina EP Di Kecamatan Penukal Yaitu, di mulai pertengahan bulan November 2022 s/d September 2023,” Tandasnya mewakili Kapolres PALI.
(Rls/Snt/Humas Polres PALI)