Pulang Bertugas di Perbatasan, Satgas Yonif Raider 142/KJ Disambut Sukacita

TNI/POLRI65 views

Pulang Bertugas di Perbatasan, Satgas Yonif Raider 142/KJ Disambut Sukacita

Jambi | SuperejaTV.com – Korem 042/Gapu menggelar Upacara Penyambutan Satgas Yonif Raider 142 Ksatria Jaya usai melaksanakan tugas pengamanan di perbatasan dan Pengukuhan Keluarga Asuh TNI-Polri Jambi bertempat di lapangan Makorem 042 Gapu, Selasa (23/5/23).

Upacara tersebut dipimpin langsung Kapolda Jambi Irjen Pol Rusdi Hartono dan dihadiri Danrem 042 Gapu Brigjen TNI Supriono, Gubernur Jambi DR H Al Haris, Ketua DPRD Provinsi Jambi Edi Purwanto, Kabinda Jambi Brigjen Pol Irawan David Syah, Kakanwil Kemenkumham Jambi Tholib, Wakil Lembaga Adat Melayu Jambi, serta para tamu undangan lainnya.

Dalam sambutannya, Kapolda Jambi Irjen Pol Rusdi Hartono menyampaikan ucapan syukur karena sebanyak 400 prajurit Yonif Raider 142 KJ telah kembali ke Provinsi Jambi usai melaksanakan tugas menjaga perbatasan di Papua dan kembali dalam keadaan aman serta tidak kurang satupun.

”Tentunya dalam melaksanakan tugas kurun waktu satu tahun lebih banyak pengalaman, rintangan dan hambatan namun saya yakin dan percaya rekan-rekan sudah bisa melewatinya,” ungkapnya.

Pengalaman yang rekan-rekan dapatkan selama bertugas tentunya pengalaman yang sangat berharga, oleh karena itu pengalaman tersebut merupakan suatu kebanggaan bagi kita sendiri dan akan menjadi modal untuk melanjutkan tugas-tugas selanjutnya dan di masa akan datang.

”Saya mengucapkan penghargaan yang setinggi-tingginya kepada para prajurit dari Yonif Raider 142 Ksatria Jaya atas dedikasi dan loyalitas dalam tugas pengamanan menjaga NKRI di perbatasan sehingga dapat berjalan lancar dan aman,” lanjut Kapolda.

Dalam kesempatan ini pula, saya ingin mengingatkan kepada rekan-rekan untuk menjadi kesadaran yang kolektif bahwa sinergitas, soliditas antara TNI dan Polri merupakan sesuatu yang penting untuk bangsa dan negara yang kita cintai ini.

”Tidak ada siapapun, ataupun kelompok manapun yang bisa melemahkan sinergitas, soliditas TNI-POLRI,” tegas Jenderal Bintang Dua tersebut.

Mari kita sama-sama menjaga itu semua untuk terus menjaga sinergitas dan soliditas antara TNI dan Polri menjadi sesuatu yang penting untuk menjaga keutuhan NKRI.

”Sama-sama kita jaga dan kita pertahankan demi bangsa dan negara yang kita cintai,” sambungnya.

Kapolda Jambi Irjen Pol Rusdi Hartono juga menambahkan jika nantinya di lapangan ditemukan kesalahan anggota saya maka serahkan kepada saya dan akan saya pertanggungjawaban serta beri waktu untuk memperbaiki itu semua.

”Ini merupakan komitmen saya bersama Pak Danrem 042 Gapu agar sinergitas TNI Dan Polri di Jambi tetap kokoh,” pungkasnya.

Acara dilanjutkan pemasangan kalung oleh Kapolda Jambi Irjen Pol Rusdi Hartono kepada Danyonif Raider 142 KJ Letkol Inf Ensan Haryadi serta dilanjutkan acara serah terima adat dari Lembaga Adat Melayu Provinsi Jambi.

Di tempat yang sama, usai upacara, Danrem 042/Gapu Brigjen TNI Supriono menyampaikan rasa syukurnya.

“Alhamdulillah, ke 400 prajurit Yonif Rider 142/Kesatria Jaya kembali dengan hasil maksimal. Mereka berhasil tanpa ada pelanggaran apapun selama operasi di perbatasan RI-PNG.”

Dia menambahkan, selama bertugas sekitar 14 bulan meninggalkan keluarga, tidak ditemukan adanya kerugian personil, senjata dan semua perlengkapan semua lengkap.

“Alhamdulillah itu suatu prestasi yang patut dibanggakan. Provinsi Jambi dan kita semua harus bangga karena suatu kehormatan kita memiliki prajurit-prajurit yang handal yang mana di tugas operasi mereka mampu melaksanakan dengan baik dan berhasil,” tandas Danrem.

Upacara penyambutan Satgas Yonif R 142/KJ ini juga melalui prosesi adat serah terima dari Lembaga Adat Melayu Jambi dengan taburan beras kuning kepada para prajurit, selanjutnya dilaksanakan acara Syukuran dan Pengukuhan Keluarga Asuh TNI-POLRI di Mako Yonif R 142/KJ dengan mengelar 142 Tumpeng dan panggung Prajurit TNI-POLRI.