Rakerprov Inkindo Sumsel ; Berjuang untuk Konsultan ke Arah yang Lebih Baik

Berita81 views

Palembang | SuperejaTV.com – Pembukaan Rapat Kerja Provinsi (Rakerprov) Ikatan Konsultan Indonesia (Inkindo) Sumsel tahun 2023 mengusung tema ‘Meningkatkan Kompetensi dan Daya Saing Jasa Konsultansi’ berlangsung di Hotel Beston, Selasa (6/06/23).

Disampaikan Ketua Umum (Ketum) Dewan Pengurus Nasional Ikatan Konsultan Indonesia (DPN Inkindo), Ir Erie Heryadi, dibalik kualitas mempuni sebuah kontruksi bangunan tak terlepas dari peran penting seorang konsultan yang berprofesional, namun yang terjadi kini konsultasi kerap hanya dijadikan pelengkap dalam sebuah proyek pembangunan.

Fenomena ini juga diperburuk dengan ulah segelintir oknum konsultan pembangunan yang hanya mengincar untung ketimbang mementingkan kualitas dari kontruksi bangunan yang dibuat.

“Saat ini kita tengah menunggu rancangan peraturan presiden tentang peningkatan daya saing. Diharapkan nantinya semua regulasi yang berkaitan dengan jasa konsultansi akan lebih baik dan dapat lebih dihargai sekaligus dapat memperbaiki kelemahan yang ada selama ini,” ucapnya.

Melalui Inkindo, Erie menjelaskan pihaknya sedang berjuang untuk konsultan dapat menuju ke arah yang lebih profesionalisme dan meninggalkan pola-pola konsultan yang hanya mengincar untung ketimbang kualitas.

Apalah pola-pola itu hingga menimbulkan kerugian material atau bahkan berpotensi untuk terjerat pada persoalan hukum.

“Seiring dengan era internet of thing Inkindo pasca rakernas beberapa waktu lalu kita siap melaksanakan program kerja hasil rakernas,” imbuh Erie.

Sementara, Gubernur Sumsel, H Herman Deru yang membuka Rakerprov Inkindo Sumsel menyebut secara tidak langsung Inkindo memberikan literasi akan pentingnya jasa konsultansi di bidang jasa konstruksi dan non-konstuksi.

“Dari pengalaman yang ada setiap pekerjaan gagal diawali dari perencanaan yang tidak matang. Perencanaan merupakan modal dasar dari perspektif pemerintah untuk membangun baik konstruksi maupun non-konstruksi,” tandas Deru.

Selanjutnya Ketua DPP Inkindo Sumsel, Ir Erza Sembiring, ST, MT pada Rakerprov kali ini menilai tema yang diusung ini sebagai upaya dari Inkindo Sumsel untuk menuju ke langkah perubahan yang lebih baik di tahun-tahun mendatang.

“Kami siap meningkatkan kompetensi, mutu daril personel dengan mempersiapkan infrastruktur ke depan,” imbuh Erza.

Rakerprov Inkindo kali ini juga dihadiri oleh jajaran pengurus dan anggota Inkindo se-Sumsel dihadiri pula oleh sejumlah ketua dan jajaran pengurus DPP Inkindo. Diantaranya, dari DKI Jakarta, Jawa Timur, Daerah Istimewa Yogjakarta, Jawa Barat, Sumatera Utara, Riau, NAD, Jambi, Lampung, Gorontalo dan Sulawesi Tengah.*