Tes Psikologi Seleksi Bintara 2023, Dirsamapta Sumsel Pantau Langsung

Polda Sumsel84 views

Tes Psikologi Seleksi Bintara 2023, Dirsamapta Sumsel Pantau Langsung

Palembang | SuperejaTV.com – Sebanyak 800 peserta yang terdiri dari 451 orang pria dan 349 orang wanita mengikuti tes  Psikologi tahap 1 Penerimaan Bintara Polri T A 2023 yang dilaksanakan oleh Polda Sumsel menggunakan sistem Computer Assessment Test (CAT) di Universitas Bina Darma dan SMKN 1 Palembang pukul 05.30 WIB, Senin (15/5/23).

Penerapan protokol kesehatan pun dilakukan sejak sebelum masuk ke ruang ujian, sterilisasi ruangan dan benda dengan penyemprotan disinfectan.

Para peserta diwajibkan menerapkan physical distancing/menjaga jaga jarak 1,5 meter.

Selain itu, sebelum masuk ke ruangan tes dilakukan pengecekan suhu tubuh serta pemeriksaan badan dari pihak panitia agar di dalam ruangan ujian tidak membawa alat-alat / barang yang berpotensi melanggar ketentuan ujian.

Dalam rangkaian tes psikologi ini peserta diawasi oleh pihak internal dan eksternal.

Bahkan Dirsamapta Sumsel Kombes Pol Budi Mulyanto , S.I.K., M.H. turun langsung memantau pelaksanaan tes psikologi 1 penerimaan Bintara T.A 2023 Panda Polda Sumsel tersebut.

Dirsamapta Polda Sumsel Kombes Pol Budi Mulyanto SIK MH mendatangi satu per satu ruangan pelaksanaan tes CAT Psikologi didampingi, Kabag Psikologi Ro SDM Polda Sumsel Kompol Suparyono S.Psi M Psi.Psikolog dan Kasubbag Diapers Bag Dalpers Ro SDM Polda Sumsel Kompol Candra Kirana Putra SIK, SH, MSI,CPHR serta Panitia dan Was Internal dan Eksternal penerimaan Bintara Polri T.A 2023 Polda Sumsel.

Karena para peserta sedang mengikuti tes, Dir Samapta Polda Sumsel hanya memantau dan tidak ingin mengganggu konsentrasi peserta saat mengerjakan soal ujian.

Disela-sela kunjungannya itu, Dirsamapta Polda Sumsel Kombes Pol Budi Mulyanto SIK MH Selaku koordinator pemeriksaan Psikologi hanya memberikan motivasi dan semangat kepada para peserta agar tetap tenang dan konsentrasi saat mengikuti ujian.

Selain itu Dirsamapta Polda Sumsel Kombes Pol Budi Mulyanto SIK MH mengucapkan terima kasih kepada pihak Universitas Bina Darma Palembang SMKN 1 Palembang yang menyediakan fasilitas pelaksanaan ujian CAT dengan sistem komputerisasi.

Dirsamapta Polda Sumsel memastikan kalau proses seleksi berjalan dengan baik dan transparan.

“Kita transparan dan memberikan kenyamanan kepada peserta. Silahkan peserta konsentrasi mengerjakan soal-soal dan hasilnya langsung diumumkan,” ujarnya.

Sementara itu Karo SDM Polda Sumsel Kombes Pol Sudrajad Hariwibowo SIK MSI melalui Kabag Psikologi Ro SDM Polda Sumsel Kompol Suparyono S.Psi M Psi.Psikolog saat dimintai keterangan Wartawan menyebutkan Pengumuman lolos tes psikologi langsung diumumkan setelah selesai pelaksanaan tes Bagi peserta yang dinyatakan lolos pada tes ini berhak mengikuti tes tahapan selanjutnya sesuai jadwal yang telah teragendakan tutur Pria berkacamata berperawakan tinggi berpangkat Kompol.

Suparyono menjelaskan,

“Tes psikologi ini adalah tes untuk mengukur aspek individu secara psikis untuk mengukur fungsi kognitif dan emosional. Adapun tujuan dari tes psikologi ini digunakan untuk mengukur berbagai kemungkinan atas bermacam kemampuan secara mental dan semuanya yang mendukungnya termasuk prestasi, kemampuan, kepribadian, dan intelegensi,” ujarnya

Terpisah saat dihubungi wartawan Kabid Humas Polda Sumsel Kombes Pol Drs Supriadi MM melalui Kasubbid Penmas AKBP Yenni Diarty SIK, selasa pagi (16/05/23) menjelaskan,

“Setelah melaksanakan test CAT Psikologi Tahap 1 penerimaan Bintara Polri TA 2023 pada hari ini dari 800 peserta Pria 451 dan Wanita 349 (hadir lengkap, red) yang dinyatakan memenuhi syarat (MS) 644 (Pria 367 dan 277 Wanita, red) sedangkan yang dinyatakan tidak memenuhi syarat (TMS) 156 Peserta (84 Pria dan 72 Wanita, red),”

Dia menambahkan pada uji CAT Psikologi Tahap 1 penerimaan Bintara Polri T.A 2023 nilai tertinggi 79 dan nilai terendah 35, ujar Alumni Akpol 2005 ini.

“Dalam kegiatan tersebut kita juga menurunkan Tim Psikologi Ro SDM Polda Sumsel untuk memberikan konseling kepada peserta yang dinyatakan tidak memenuhi syarat (TMS) guna memberikan dukungan psikologis kepada casis bintara Polri yang dinyatakan tidak memenuhi syarat agar tidak berkecil hati serta tetap semangat untuk menggapai cita-cita menjadi anggota Polri karena kegagalan saat ini bisa menjadikan satu kunci kesuksesan dimasa yang akan datang,” tutupnya *