Wakapolda Sumsel Dampingi Panglima TNI Lepas Satgas Yonif Raider 200/BN TA 2023 Pamtas RI-PNG

Palembang66 views

Palembang | Superejatv.com – Berikan semangat kepada prajurit TNI AD yang akan diberangkatkan ke Provinsi Papua dan Papua Barat, Panglima TNI Laksamana TNI Yudo Margono terjun langsung ke lapangan didampingi Wakapolda Sumsel Brigjen Pol M.Zulkarnain SIK MSI bersama Forkompimda Prov Sumsel

Laksamana TNI Yudo secara langsung melepas keberangkatan ratusan prajurit Yonif R 200/BN dan Yonif 133/YS ke Provinsi Papua dan Papua Barat di dermaga PT Pelabuhan Indonesia (Pelindo) Regional 2 Palembang, Jumat (24/3).

Menurut Laksamana TNI Yudo didampingi Pangdam II/Swj, Mayjen TNI Hilman Hadi SIP MBA M Han, bahwa ia melepas secara langsung keberangkatan, para satgas Pamtas RI-PNG yakni Yonif R 200/BN dan Yonif 133/YS ke Provinsi Papua dan Papua Barat.

“Selain melepas secara langsung prajurit, kita juga melakukan pengecekan terhadap peralatan, perlengkapan, sarana dan prasarana, logistik hingga semuanya dinyatakan lengkap,” ujarnya usai memimpin upacara Riksiapops dan Pemberangkatan Satgas Pamtas RI-PNG ke Provinsi Papua dan Papua Barat.

Dengan begitu diharapkan mereka yang bertugas selama satu tahun di Papua dan Papua Barat dapat melaksanakan tugasnya dengan baik dan profesional.

Dirinya menuturkan, bahwa secara umum kondisi di Papua sangat aman, tapi ada beberapa daerah yang di plot masih terjadi kerawanan, terhadap gangguan keamanan oleh kelompok-kelompok Separatis.

“Jadi mereka di sana akan menjaga keamanan dan ketertiban di distrik maupun kabupaten yang di plot rawan keamanan, sehingga mereka akan hadir di tengah masyarakat untuk menjaga keamanan dan menjalin keakraban hingga silaturahmi dengan warga setempat,” ungkapnya.

Untuk jumlah personel sendiri Yonif R 200/BN sebanyak 450 prajurit dan Yonif 133/YS sebanyak 400 prajuri, sehingga secara total ada 850 prajurit TNI AD yang diberangkatkan ke Provinsi Papua dan Papua Barat.

“Kita harapkan mereka dapat menjalankan tugasnya dengan baik, dimana telah didukung dengan perlengkapan hingga sarana dan prasarana memadai. Hal ini kita cek langsung perlengkapan mereka, dan bawaan mereka ke Provinsi Papua dan Papua Barat,” aku dia.

Dalam kegiatan ini turut hadir Kasdam II/Swj Brigjen TNI Izak Pangemanan, Kapendam II/Swj Kolonel Kav Rohyat Happy Ariyanto S Sos MM, Kabintaljarahdam II/Swj, Kolonel Inf Erli Priyanto, Danrem 044/Gapo Brigjen TNI M Naudi Nurdika SIP M Si dan pejabat utama Kodam II/Swj, Wakil Gubernur Sumsel, H Mawardi Yahya dan Wakapolda Sumsel Brigjen Pol M Zulkarnain SIK M Si.*