Warga Desa Suka Damai Keluhkan Jalan Rusak dan Berlumpur

Pali280 views

PALI | Superejatv.com – Warga Desa Suka Damai Kecamatan Talang Ubi, Kabupaten Penukal Abab Lematang Ilir (PALI) Provinsi Sumatera Selatan (Sumsel) mengeluhkan kondisi jalan yang rusak parah, terlebih pada saat musim penghujan membuat jalan rusak dan berlumpur, kondisi ruas jalan Desa Suka Damai, sangat memprihatinkan, Kamis (15/06/23).

Salah satu warga setempat, Prengky mengatakan setiap musim penghujan tiba, jalan tersebut selalu menjadi keluhan warga sekitar yang rutinitas sehari-hari melewati jalan itu. Tak heran, saat musim penghujan tiba kondisi jalan tersebut membuat warga mengeluh untuk melewatinya.

“Jalan tanah kuning itu pun kerap sekali membuat warga kewalahan untuk melintasinya. Bahkan, tak jarang pengendara harus turun dari kendaraan mereka. Tak hanya itu, jalan becek dan berlumpur kerap memakan korban jatuh karena licinnya jalan tersebut,” ujar Prengky.

Lebih lanjut dikatakan Prengky bahwa masyarakat sangat kesulitan dalam menjalankan roda perekonomian karena faktor jalan yang makin lama makin rusak.

“Kami berharap kedepan ini jalan kami bisa diperbaiki seperti jalan di Desa lain, karena jalan ini adalah salah satu jalan penghubung Desa Suka Damai menuju ke pendopo karena sejak kabupaten PALI berdiri belum pernah ada perbaikan atau pengecoran sama sekali oleh Pemerintah terkait,” kata Prengky.

Ditempat yang sama Muhamad Duli mengatakan sejumlah anak sekolah dan masyarakat tidak berani melewati jalan itu sehingga, mereka harus memutar ke jalan alternatif yang lebih jauh, ungkapnya.

Lebih lanjut dikatakan Duli jika memasuki di musim penghujan, kondisi jalanan licin banyak genangan air di tengah jalan, sering terjadi anak sekolah dan warga terjatuh karena kondisi jalanan yang licin dan becek.

“Kami pernah melihat anak yang hendak pergi ke sekolah terpaksa pulang ke rumah lagi, dikarenakan bajunya kotor terjatuh akibat jalan licin dan rusak parah,” ujarnya.

Ditempat terpisah Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Desa (KADES) Suka Damai Sanjaya, mengatakan, keadaan jalan berlumpur dan becek membuat warga mengeluh saat tiba musim penghujan.

Menurut Sanjaya, ruas jalan dari Desa Suka Damai menuju jalan utama berjarak kurang lebih sekitar 1,2 kilo meter (km) saat ini jalan tersebut dalam kondisi rusak parah, jelasnya.

“Kami berharap kepada Pemerintah Kabupaten agar segera di perbaiki, karena jalan tersebut merupakan jalan akses lalulintas Masyarakat Desa ke Pendopo PALI,” terangnya. (Susanto)